Efektivitas Pengelolaan Zakat Padi Terhadap Pengembangan Pendidikan Pesantren di Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie

Aula Maramina, 190201079 (2023) Efektivitas Pengelolaan Zakat Padi Terhadap Pengembangan Pendidikan Pesantren di Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Pengelolaan Zakat Padi Terhadap  Pengembangan Pendidikan Pesantren di Kecamatan  Mutiara Timur Kabupaten Pidie] Text (Efektivitas Pengelolaan Zakat Padi Terhadap Pengembangan Pendidikan Pesantren di Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie)
Salin1-Skripsi Aula (1) (1) (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kata efektif mempunyai arti efek, pengaruh, akibat, atau dapat membawa hasil. Jadi, efektivitas adalah keaktifan, daya guna, adanya kesesuaian dalam suatu kegiatan orang yang melaksanakan tugas dengan sasaran yang dituju. Zakat merupakan ibadah kepada Allah SWT berupa harta benda yang sudah termasuk kedalam nisab, di samping sebagai penghubung antara orang kaya dengan orang miskin dalam mencapai kesejahteraan masyarakat. Pesantren adalah lembaga pendidikan agama yang menjadi kekhasan di negara Indonesia yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Masyarakat Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie memberikan zakat mereka kepada santri di pesantren apabila hasil panen padi mereka mencapai nisabnya. Oleh sebab itu, untuk mengetahui bagaimana efektivitas pengelolaan zakat padi yang telah diberikan kepada santri di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui bagaimana efektivitas pengelolaan zakat padi terhadap pengembangan pendidikan pesantren di Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie. (2) untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan zakat padi terhadap pendidikan pesantren di Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie. (3) untuk mengetahui apa saja hambatan pengelolaan zakat di pesantren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data-data yang dikumpulkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari pada penelitian ini adalah Efektivitas Pengelolaan zakat padi terhadap pengembangan pendidikan pesantren khususnya di Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie belum ada, karena belum dibentuknya badan,panitia atau lembaga resmi khusus untuk menerima serta mengelola zakat padi dari masyarakat, masyarakat secara langsung memberikan sendiri kepada santri atau guru pengajian disetiap kali panen tiba. Zakat memberikan manfaat yang sangat banyak khususnya untuk santri, pembangunan pesantren, serta membantu pendidikan pesantren yang ada di daerah Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie. Hambatan pada pengelolaan zakat padi di pesantren yaitu belum dibentuknya lembaga atau badan, panitia resmi di pesantren untuk pengelolaan zakat padi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aula Maramina Ola
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:37
Last Modified: 26 Mar 2024 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36214

Actions (login required)

View Item
View Item