Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua Dan Anak Dalam Melarang Penggunaan Game Online Di Gampong Padang Sikabu

Rezi Hamrizal, 180401049 (2024) Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua Dan Anak Dalam Melarang Penggunaan Game Online Di Gampong Padang Sikabu. Other thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua Dan Anak] Text (Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua Dan Anak)
SKRIPSI REZI HAMRIZAL 180401049 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (25MB)

Abstract

Saat ini, perkembangan teknologi memungkinkan munculnya berbagai hal melalui akses internet, salah satunya adalah permainan Game Online yang dapat membuat pengguna terlena dan melupakan aktivitas lainnya. Dalam konteks ini, anak-anak di Kampung Padang Sikabu, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya terlihat mengalami kecanduan permainan Game Online, yang membawa dampak negatif pada kehidupannya. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk menjalankan pola komunikasi interpersonal yang efektif sebagai upaya mengatasi kecanduan permainan Game Online pada anak mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian. Dalam konteks ini, orang tua berinteraksi dengan anak mereka melalui komunikasi interpersonal, bertujuan untuk mengatasi kecanduan permainan Game Online. Faktor internal yang menjadi pemicu kecanduan permainan Game Online pada anak, dan melalui proses komunikasi interpersonal, terdapat beberapa ciri yang mencakup keterlibatan tiga anggota keluarga dengan tingkat kedekatan yang signifikan, menciptakan saling ketergantungan. Kedekatan ini menghasilkan perbedaan dalam pengalaman, motivasi, dan kepribadian antara orang tua dan anak, yang dapat memicu konflik dan memberikan umpan balik. Dalam konteks komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak, penelitian ini fokus pada pemahaman perasaan dan pemikiran anak. Meskipun terdapat perbedaan pandangan antara orang tua dan anak, upaya terus dilakukan untuk melindungi anak dari dampak negatif sejauh mungkin, meskipun anak mungkin memiliki rasa ingin tahu terhadap permainan Game Online.

Kata kunci: Pola komunikasi interpersonal, Game online, orang tua dan anak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rezi Hamrizal
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:01
Last Modified: 27 Mar 2024 07:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36226

Actions (login required)

View Item
View Item