Transliterasi Aksara Jawoe-Latin Menggunakan Metode Convolutional Neural Network Dengan Arsitektur Xception

Aesha Durratul Nasihah, 200705003 (2023) Transliterasi Aksara Jawoe-Latin Menggunakan Metode Convolutional Neural Network Dengan Arsitektur Xception. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Transliterasi Aksara Jawoe-Latin Menggunakan Metode Convolutional Neural Network Dengan Arsitektur Xception] Text (Transliterasi Aksara Jawoe-Latin Menggunakan Metode Convolutional Neural Network Dengan Arsitektur Xception)
TUGAS AKHIR-CETAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Convolutional Neural Network (CNN) merupakan salah satu metode yang terdapat pada deep learning yang merupakan metode terbaik dalam mengatasi persoalan mengenai image classification. Metode ini banyak menghasilkan arsitektur yang dapat digunakan dalam beberapa bentuk data, salah satunya penggunaan citra aksara Jawoe dalam proses transliterasi. Pada penelitian ini menggunakan arsitektur Xception yang berfokus pada 475 kelas yang mencakup kata-kata Jawoe. Berdasarkan pembahasan dan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh accuracy 67.60% dengan menggunakan 90 epoch. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model dengan arsitektur Xception membutuhkan penggunaan data yang bervariasi untuk memberikan tingkat keakuratan yang tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 004 Computer Science
Divisions: UPT Perpustakaan
Depositing User: Aesha Durratul Nasihah Aesha
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:02
Last Modified: 27 Mar 2024 07:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36232

Actions (login required)

View Item
View Item