Perancangan Dan Implementasi Private Cloud Storage Menggunakan Nextcloud Sebagai Media Penyimpanan Dan File Sharing Bahan Praktikum Pada Laboratorium Komputer SMKN 1 Al Mubarkeya

Muhammad Jasir Al Harits, 180212078 (2024) Perancangan Dan Implementasi Private Cloud Storage Menggunakan Nextcloud Sebagai Media Penyimpanan Dan File Sharing Bahan Praktikum Pada Laboratorium Komputer SMKN 1 Al Mubarkeya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of perancangan private cloud storage menggunakan nextcloud] Text (perancangan private cloud storage menggunakan nextcloud)
Muhammad Jasir Al Harits, 180212078, FTK, PTI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Laboratorium Komputer menjadi tempat bagi siswa dalam melakukan praktikum. Dalam prosesnya, ada hambatan yang terjadi saat melakukan kegiatan praktikum yaitu, bahan praktikum yang tidak tersebar merata, posisi duduk yang tidak beraturan pada setiap sesi yang membuat tugas yang sebelumnya dibuat tidak dapat diakses. Tujuan penelitian ini adalam merancang media penyimpanan private cloud storage menggunakan Nextcloud pada jaringan laboratorium komputer sehingga setiap bahan dapat dialihkan ke Nextcloud dan siswa dapat menyimpan tugas serta dapat mengakses file praktikum dari posisi manapun di dalam laboratorium komputer. Penelitan ini menggunakan metode Research and Development (R&D), dilakukan di SMKN 1 Al Mubarkeya pada laboratorium PPLG dengan sampel 5 komputer. Perancangan media penyimpanan private cloud storage berhasil dilakukan menggunakan Nextcloud dengan mengintegrasikan Onlyoffice sebagai fitur membuat maupun mengedit file dengan format (document, spreatsheet, dan presentation). Dengan melakukan pengujian diketahui ke 5 komputer dapat mengakses Nextcloud dan menjalankan fitur Onlyoffice. Selanjutnya pengujian untuk melihat penggunaan sumberdaya server saat 5 komputer melakukan upload dan download secara bersamaan. Hasilnya penggunaan CPU pada server terus meningkat seiring bertambahnya client melakukan download yaitu, 2 komputer (5%), 3 komputer (8%), 5 komputer (9%). Sedangkan saat komputer client melakukan upload meningkat yaitu 2 komputer (9%), 3 komputer (15%), 5 komputer (18% ).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Muhammad Jasir Al Harits
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:35
Last Modified: 27 Mar 2024 07:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36235

Actions (login required)

View Item
View Item