Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP/MTs

Liza Afrani, 190205068 (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP/MTs] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP/MTs)
Liza Afrani, 190205068, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa. Namun banyak siswa yang mengalami kendala dalam menyelesaikan masalah. Salah satu cara yang dapat digunakan ialah dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, desain penelitian ini menggunakan desain Pre-Test Post-Test Control Group Desain. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPS Ummul Ayman Samalanga. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-14 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-13 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak atau teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes tulis. Hasil penelitian menggunakan statistik uji-t, berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh bahwa t_hitung>t_tabel yaitu 4,94>1,68 sehingga terima H_a dan dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa SMP/MTs yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Liza Afrani
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:30
Last Modified: 28 Mar 2024 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36242

Actions (login required)

View Item
View Item