Implementasi Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Luar Biasa Yayasan Bunda Syaifullah Meutuah (SLB-YBSM) Banda Aceh

Zuriatina, 190503347 (2023) Implementasi Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Luar Biasa Yayasan Bunda Syaifullah Meutuah (SLB-YBSM) Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Implementasi, Gerakan Literasi Sekolah, Sekolah Luar Biasa.] Text (Implementasi, Gerakan Literasi Sekolah, Sekolah Luar Biasa.)
Zuriatina, 190503347, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Luar Biasa Yayasan Bunda Saifullah Meutuah (SLB-YBSM) Banda Aceh”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi panduan gerakan literasi sekolah di Sekolah Luar Biasa YBSM Banda Aceh dan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasi panduan gerakan literasi sekolah di Sekolah Luar Biasa YBSM Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana peneliti berupaya mendeskripsikan data yang telah diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari kepala sekolah, pengelola perpustakaan dan 2 orang guru sekolah luar biasa YBSM Banda Aceh. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa; (1) Implementasi panduan gerakan literasi sekolah di Sekolah Luar Biasa YBSM Banda Aceh; Menyusun berbagai program, guna mudah menerapkan GLS bagi siswa difabel grahita. Penyusunan program dilakukan dengan melibatkan setiap unsur yang ada disekolah agar setiap program bisa dijalankan dengan konsep yang sama. Selain itu, Sekolah Luar Biasa YBSM Banda Aceh melakukan kerja sama dengan berbagai pihak baik swasta maupun negeri, juga dengan masyarakat dan orang tua siswa. Langkah ini dilakukan agar GLS bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan. (2) Kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasi panduan gerakan literasi sekolah di Sekolah Luar Biasa YBSM Banda Aceh; Dari perolehan informasi, kendala yang dihadapi yaitu dalam mengajarkan literasi kepada siswa difabel grahita, karena siswa difabel grahita tidak fokus dan susah diatur. Oleh karena itu guru pendamping harus melatih fokus siswa dengan berbagai cara yang dilakukan seperti tepuk semangat dan kegiatan lain sebelum memulai pelajaran. Selain itu, masih terdapat orang tua siswa yang tidak begitu memahami tentang budaya literasi bagi siswa. Sehingga hal ini akan berdampak pada siswa dalam menerapkan budaya baca saat berada dirumah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Zuriatina Zuriatina
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:20
Last Modified: 28 Mar 2024 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36245

Actions (login required)

View Item
View Item