Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP

Vira Ramadewi, 190205053 (2024) Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP] Text (Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP)
Vira Ramadewi, 190205053, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Tujuan pendidikan saat ini adalah berkomunikasi dalam proses belajar mengajar dan memiliki keterampilan untuk berfikir dalam meningkatkan hasil belajar kemampuan numerasi siswa, namun pada keyataanya, hasil tes awal menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa masih tergolong rendah. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa ialah dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membandingkan kemampuan numerasi siswa yang diajarkan dengan PMRI dengan kemampuan numerasi siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa SMP Negeri 2 Ingin Jaya. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian yaitu Quasy Eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negari 2 Ingin Jaya. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampel Random Sampling yang sampelnya terdiri dua kelas yaitu kelas VII-A dan VII-C. Kelas VII-A sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VII-C Kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan prettest dan posttest. Hasil pengolahan data menggunakan statistik uji-t pihak kanan, diperoleh bahwa t_hitung=2,83. Jadi karena t_(hitung )≥ t_tabel atau 2,83≥1,68, maka terima H_1 dan tolak H_0, yang mana dapat disimpulkan bahwa kemampuan numerasi siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Matematika Realisik Indonesia (PMRI) lebih baik daripada kemampuan numerasi siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Sehigga PMRI dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan kemampuan numerasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Vira Rahmadewi
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:30
Last Modified: 28 Mar 2024 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36247

Actions (login required)

View Item
View Item