Analisi Kesehatan Koperasi Syariah Dengan Metode CAMEL Pada Koperasi Al-Ishlah Aceh Besar

Fadhil Furqana, 180602147 (2024) Analisi Kesehatan Koperasi Syariah Dengan Metode CAMEL Pada Koperasi Al-Ishlah Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang analisis kesehatan koperasi syariah] Text (Membahas tentang analisis kesehatan koperasi syariah)
Fadhil Furqana, 180602147, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Sebagai lembaga keuangan yang memiliki peran penting dalam masyarakat, dibutuhkan koperasi yang memiliki kelembagaan yang baik. Keadaan koperasi yang sehat akan memberikan kesejahteraan yang maksimal kepada anggota di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui tingkat kesehatan koperasi dan penerapan akad syariah pada koperasi syariah Al-Ishlah Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis CAMEL. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesehatan koperasi Al-Ishlah pada aspek permodalan, aspek aktiva, aspek manajemen, aspek efisiensi, aspek likuiditas, aspek kemandirian dan pertumbuhan, dan aspek kemandirian koperasi berada pada predikat sehat pada tahun 2020 dan cukup sehat pada tahun 2021 dan 2022.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Fadhil Furqana
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:48
Last Modified: 28 Mar 2024 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36250

Actions (login required)

View Item
View Item