Kompetensi Pedagogik Guru Aqidah Akhlak Pada MIN di Kota Banda Aceh

Siti Nurjannah, 29173693 (2021) Kompetensi Pedagogik Guru Aqidah Akhlak Pada MIN di Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Kompetensi Pedagogik Guru  Aqidah Akhlak Pada MIN di Kota Banda Aceh] Text (Kompetensi Pedagogik Guru Aqidah Akhlak Pada MIN di Kota Banda Aceh)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dalam mengelola pembelajaran khususnya guru Aqidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian pembelajaran Aqidah Akhlak pada MIN di Kota Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, dan dua orang guru Aqidah Akhlak di MIN 2 dan MIN 9 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan sudah baik dan sesuai dengan aturan Ditjen Pendis Nomor 5164 Tahun 2018. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru dapat menguraikan langkah-langkah pembelajaran yang ada dalam RPP secara urut dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup, metode dan media serta sumber belajar yang digunakan sudah bervariasi. Penilaian pembelajaran yang digunakan bervariasi disesuaikan dengan materi dan dapat mengukur kemampuan siswa setelah belajar sehingga dapat ditentukan tindakan yang akan diberikan selanjutnya. Secara umum peneliti menyimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalm hal perencanaan, pelaksanaan pembelajaran sudah baik namun dalam penilaian perlu kreativitas sedikit dalam mengembangkan rubrik penilaian agar tercapai tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Siti Nurjannah Siti
Date Deposited: 28 Mar 2024 04:44
Last Modified: 28 Mar 2024 04:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36257

Actions (login required)

View Item
View Item