Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Di MIN 25 Aceh Besar

Rosa Amanda, 180209013 (2024) Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Di MIN 25 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Di MIN 25 Aceh Besar] Text (Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Di MIN 25 Aceh Besar)
Rosa Amanda, 180209013, FTK, PGMI .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Hasil observasi yang peneliti lakukan di MIN 25 Aceh Besar tepatnya di kelas II pada saat proses pembelajaran berlangsung diketahui bahwa masih banyak siswa yang belum memiliki kemampuan membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan penerapan metode Struktural Analitik Sintetik pada siswa kelas II MIN 25 Aceh Besar. Jenis penelitiannya adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sampai dengan dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas II MIN 25 Aceh Besar yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil penelitian ini yaitu terjadinya peningkatan kemampuan membaca pada membelajaran di kelas II MIN 25 Aceh Besar. Hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor persentase 72,72% kategori cukup dan pada siklus II terjadi peningkatan dan diperoleh skor sebesar 95,23% kategori baik sekali. Sedangkan aktivitas siswa siklus I memperoleh skor persentase 68,75% kategori cukup dan terjadi peningkatan siklus II dengan skor persentase sebesar 90,90% termasuk kategori baik sekali. Adapun kemampuan membaca siswa siklus I skor persentase yaitu 50,00% kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh skor persentase sebesar 90,00% kategori baik sekali. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode Struktural Analitik Sintetik dapat meningkatan kemampuan membaca siswa pada kelas II di MIN 25 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rosa Amanda
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:12
Last Modified: 01 Apr 2024 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36262

Actions (login required)

View Item
View Item