Penetapan Larangan Kerje Sara Urang Pada Masyarakat Suku Gayo Menurut Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Kenawat Lut Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah)

Ismanija Tuahmi, 160101073 (2023) Penetapan Larangan Kerje Sara Urang Pada Masyarakat Suku Gayo Menurut Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Kenawat Lut Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah). Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Penerapan, Larangan, Kerje Sara Urang, Gayo, Islam] Text (Penerapan, Larangan, Kerje Sara Urang, Gayo, Islam)
Ismanija Tuahmi, 160101073, FSH, HK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana masyarakat Kampung Kenawat Lut Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah menerapkan larangan kerje sara urang, dan untuk mengetahui perspektif hukum Islam terhadap penetapan larangan kerje sara urang di Kampung Kenawat Lut Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus. Teknik pengunpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, Alasan masyarakat Kampung Kenawat Lut Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah menerapkan larangan kerje sara urang yaitu karena dianggap terdapat hubungan nasab antara warga belah maupun kampung. Hubungan nasab yang dimaksud yakni karena terdapat pertalian darah, dan nasab hubungan persaudaraan (tidak terdapat pertalian darah). Kedua, Perspektif hukum Islam terhadap penetapan larangan kerje sara urang di Kampung Kenawat Lut Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah yaitu sah-sah saja apabila antara calon memplay laki-laki dengan calon mempelay wanita tidak memiliki hubungan nasab. Namun fenomena yang ada adalah masyarakat tidak mengetahui nasabnya sendiri. Karena itu, jika menikah dengan sara urang, dikhawatirkan terjadinya pernikahan senasab. Dengan demikian, meskipun terkesan bertentangan dengan syaiat Islam. Namun hal ini dapat memberikan kemaslahatan bagi warga masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Ismanija Tuahmi
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:28
Last Modified: 01 Apr 2024 02:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36265

Actions (login required)

View Item
View Item