Pengaruh Media Tontonan Youtube Terhadap Perubahan Akhlak Anak Di Desa Latak Ayah Kecamatan Simeulue Cut Kabupaten Simeulue.

Muhammad Sofi Iqbal, 170201131 (2023) Pengaruh Media Tontonan Youtube Terhadap Perubahan Akhlak Anak Di Desa Latak Ayah Kecamatan Simeulue Cut Kabupaten Simeulue. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pengaruh Media Tontonan Youtube, Perubahan Akhlak Anak] Text (Pengaruh Media Tontonan Youtube, Perubahan Akhlak Anak)
Muhammad Sofi Iqbal, 170201131, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media tontonan youtube terhadap perubahan akhlak anak di Desa Latak Ayah Kecamatan Simeulue Cut Kabupaten Simeulue, Sampel dari penelitian ini adalah anak di Desa Latak Ayah yang berusia 6 sampai 12 tahun berjumlah 39 orang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif, dengan menggunakan 2 instrumen pengumpulan data yakni kuesioner dan wawancara. Kuesioner diberikan untuk mengetahui pendapat anak tentang pengaruh buruk yang ditimbulkan oleh media tontonan youtube dan upaya yang dilakukan oleh orang tua agar anak tidak terpengaruh oleh media tontonan youtube. Wawancara digunakan untuk mengetahui persepsi orang tua terhadap pengaruh media tontonan youtube serta untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan orang tua agar anak terhindar dari dampak negatif youtube. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, media tontonan youtube memberikan pengaruh negatif terhadap perubahan akhlak anak setelah menonton media youtube, anak meniru kata-kata tidak baik, perilaku yang tidak baik, menunda kewajiban, malas beribadah, malas belajar, lupa mengejakan PR atau kewajibannya, malas menolong atau mengerjakan perintah orang tua, tidak menjalankan perintah orang tua, malas berinteraksi dengan teman seusianya, merasa kesal, marah, sedih ketika dilarangan mengakses youtube, mengambil Hp tanpa izin orang tua, membohongi orang tua, dan berkelahi dengan saudaranya. Beberapa upaya yang dilakukan orang tua agar anak tidak kecanduan menonton dan mengikuti perilaku buruk yang ditayangkan media tontonan youtube. Upaya tersebut adalah dengan memberikan larangan, batasan waktu, menasehati, memarahi, menjelaskan dampak negatif youtube, mengajak bermain, belajar, berpergian, meminta bermain diluar rumah bersama teman, membelikan buku, memberikan mainan edukasi, dan meminta anak untuk melakukan kegiatan lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Sofi Iqbal Iqbal
Date Deposited: 02 Apr 2024 07:02
Last Modified: 02 Apr 2024 07:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36284

Actions (login required)

View Item
View Item