Persepsi Masyarakat Terhadap Kebebasan Fragmentasi Habitat Orang Utan Sumatera (Pongo Abelii) di Hutan Rawa Tripa Sebagai Penunjang Mata Kuliah Ekologi dan Masalah Lingkungan

Wardatul Hayuni, 281324807 (2017) Persepsi Masyarakat Terhadap Kebebasan Fragmentasi Habitat Orang Utan Sumatera (Pongo Abelii) di Hutan Rawa Tripa Sebagai Penunjang Mata Kuliah Ekologi dan Masalah Lingkungan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang persepsi masyarakat terhadap kebebasan fragmentasi Habitat Orang Utan di Sumatera)
Kumpulan Skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hutan Rawa Tripa merupakan salah satu hutan yang terletak di pesisir pantai Barat Aceh dan termasuk Kawasan Ekosistem Lauser. Fragmentasi hutan Rawa Tripa menyebabkan hilangnya habitat satwa liar khususnya orangutan Sumatera (Pongo abelii) sehingga memaksa orangutan masuk ke dalam areal perkebunan masyarakat dan memicu konflik antara manusia dengan orangutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap kebebasan fragmentasi habitat orangutan sumatera (Pongo abelii) di hutan Rawa Tripa dan bagaimana pemanfaatannya dalam mata kuliah Ekologi dan Masalah Lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2017 di Kabupaten Nagan Raya dan Aceh Barat Daya, dengan menggunakan teknik Pembagian angket dan wawancara terhadap masyarakat dan LSM. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persepsi masyarakat terhadap kebebasan fragmentasi habitat orangutan sumatera (Pongo abelii) termasuk kriteria Setuju, dengan persentase 67.5% di Kabupaten Nagan Raya dan 68.0% di Kabupaten Aceh barat Daya. Pemanfaatan hasil penelitian ini dalam bentuk booklet yang dijadikan referensi bacaan bagi mahasiswa dan masyarakat sekitar kawasan hutan Rawa Tripa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi masyarakat terhadap kebebasan fragmentasi habitat orangutan sumatera (Pongo abelii) termasuk kriteria setuju, pemanfaatan hasil penelitian ini dalam bentuk booklet yang dijadikan referensi bacaan bagi mahasiswa dan masyarakat sekitar kawasan hutan Rawa Tripa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat, Fragmentasi Habitat, Orangutan, Hutan Rawa,Tripa
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 590 Animals (Ilmu Hewan, Ilmu Binatang)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Wardatul Hayuni
Date Deposited: 17 Aug 2017 01:11
Last Modified: 17 Aug 2017 01:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/363

Actions (login required)

View Item View Item
TOP