Baina Mawaddah, 180207018 (2024) Keanekaragamaan Spermatophyta Di Lingkungan Sekolah SMA Negeri 8 Takengon Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Kingdom Plantae. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Baina Mawaddah, 180207018, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (14MB)
Abstract
Kurangnya media pembelajaran disekolah menyebabkan rendahnya pengetahuan siswa dalam memahami dan mengelompokkan berbagai jenis-jenis tumbuhan disekitar mereka. Sehingga perlunya media pembelajaran kingdom plantae sebagai alternatif yang dapat mengatasi permasalahan tersebut yaitu dalam bentuk buku saku dengan data langsung jenis-jenis tumbuhan di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian untuk mengetahui keanekaragaman spermatophyta di lingkungan SMA Negeri 8 Takengon sebagai media penunjang pembelajaran kingdom plantae, untuk mengetahui uji kelayakan buku saku dan untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap buku saku.Penelitian ini dilakukan di lingkungan SMA Negeri 8 Takengon. Rancangan penelitian menggunakan penelitian kualitatif meliputi penggunaan subjek yang dikaji dan kumpulan berbagai data empiris studi kasus, teks-teks hasil pengamatan, historis, interaksional, dan visual yang mendeskripsikan saat-saat dan makna keseharian dan masalah dalam suatu kehidupan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode jelajah (eksplorasi). Hasil penelitian diperoleh indeks keanekaragaman dapat dikatakan kategoritinggi denga jumlah (H’)= 3, 316. Uji kelayakan buku saku diperoleh nilai 92% dengan kategori sangat layak dan respon siswa diperoleh 91% dengan kategori sangat positif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Baina Mawaddah |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 02:20 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 02:20 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36305 |