Keanekaragamaan Spermatophyta Di Lingkungan Sekolah SMA Negeri 8 Takengon Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Kingdom Plantae

Baina Mawaddah, 180207018 (2024) Keanekaragamaan Spermatophyta Di Lingkungan Sekolah SMA Negeri 8 Takengon Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Kingdom Plantae. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Keanekaragamaan Spermatophyta Di Lingkungan Sekolah SMA Negeri 8 Takengon Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Kingdom Plantae] Text (Keanekaragamaan Spermatophyta Di Lingkungan Sekolah SMA Negeri 8 Takengon Sebagai Media Penunjang Pembelajaran Kingdom Plantae)
Baina Mawaddah, 180207018, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Kurangnya media pembelajaran disekolah menyebabkan rendahnya pengetahuan siswa dalam memahami dan mengelompokkan berbagai jenis-jenis tumbuhan disekitar mereka. Sehingga perlunya media pembelajaran kingdom plantae sebagai alternatif yang dapat mengatasi permasalahan tersebut yaitu dalam bentuk buku saku dengan data langsung jenis-jenis tumbuhan di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian untuk mengetahui keanekaragaman spermatophyta di lingkungan SMA Negeri 8 Takengon sebagai media penunjang pembelajaran kingdom plantae, untuk mengetahui uji kelayakan buku saku dan untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap buku saku.Penelitian ini dilakukan di lingkungan SMA Negeri 8 Takengon. Rancangan penelitian menggunakan penelitian kualitatif meliputi penggunaan subjek yang dikaji dan kumpulan berbagai data empiris studi kasus, teks-teks hasil pengamatan, historis, interaksional, dan visual yang mendeskripsikan saat-saat dan makna keseharian dan masalah dalam suatu kehidupan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode jelajah (eksplorasi). Hasil penelitian diperoleh indeks keanekaragaman dapat dikatakan kategoritinggi denga jumlah (H’)= 3, 316. Uji kelayakan buku saku diperoleh nilai 92% dengan kategori sangat layak dan respon siswa diperoleh 91% dengan kategori sangat positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Baina Mawaddah
Date Deposited: 23 Apr 2024 02:20
Last Modified: 23 Apr 2024 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36305

Actions (login required)

View Item
View Item