Pengembangan Video Model Pembelajaran Matematika Berbasis Project Based Learning Pada Siswa SMA/MA

Siti Nurhaliza, 180205034 (2024) Pengembangan Video Model Pembelajaran Matematika Berbasis Project Based Learning Pada Siswa SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Video Model Pembelajaran Matematika Berbasis Project Based Learning Pada Siswa SMA/MA] Text (Pengembangan Video Model Pembelajaran Matematika Berbasis Project Based Learning Pada Siswa SMA/MA)
Siti Nurhaliza, 180205034, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pola pembelajaran lama yang berpusat kepada guru (teacher centered) diubah menjadi berpusat kepada peserta didik (student centered). Perubahan ini mengakibatkan guru harus bisa mempersiapkan pembelajaran yang dapat mendukung setiap kemampuan peserta didik. Guru bisa memilih berbagai model pembelajaran yang dapat membantu pelaksanaan pembelajaran. Namun terdapat beberapa masalah dalam penerapan model pembelajaran tertentu. Hal ini disebabkan oleh kurangnya sumber dan contoh praktik penerapan model pembelajaran menjadi alasan yang logis dalam masalah ini. Rata-rata guru hanya memahami model pembelajaran secara teori, namun masih sulit untuk menerapkannya. Oleh karena itu, sudah seharusnya guru diberikan contoh praktik model pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat video model pembelajaran, dimana video ini akan memuat setiap langkah-langkah model pembelajaran tertentu. Kali ini akan dikembangkan video pembelajaran berbasis Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses pengembangan dan hasil pengembangan video model pembelajaran berbasis Project Based Learning pada siswa SMA/MA. Penelitian akan menggunakan metode research and development (R&D) dengan model 4D (four-D). Model ini mempunyai empat tahapan yaitu pendefenisisan, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil pengembangan yang dinilai oleh para ahli dan juga uji coba lapangan menyatakan bahwa video pembelajaran ini valid dan sangat praktis, dengan rincian sebagai berikut. (1) dari hasil validasi RPP dan LKPD masing-masing diberikan skor rata-rata 94.2% dan 95.6% yang termasuk dalam kategori sangat valid. (2) hasil validasi video pembelajaran diperoleh skor 90.2% yang termasuk dalam kategori sangat valid. (3) dari uji kepraktisan skala kecil yang dilakukan tiga responden memperoleh skor rata-rata 94.7% yang termasuk dalam kriteria sangat praktis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Nurhaliza
Date Deposited: 23 Apr 2024 02:45
Last Modified: 23 Apr 2024 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36312

Actions (login required)

View Item
View Item