Peran Orang Tua Tunggal Dalam Menunjang Arah Karir Anak Studi Pada Petani Kopi (Kampung Simpang Balek Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Aceh Tengah)

Sejuk Mico, 190402024 (2023) Peran Orang Tua Tunggal Dalam Menunjang Arah Karir Anak Studi Pada Petani Kopi (Kampung Simpang Balek Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Aceh Tengah). Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Karir Anak] Text (Karir Anak)
Sejuk Mico, 190402024, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya waktu yang diberikan oleh ibu yang berstatus orang tua tunggal terhadap anaknya, karena disamping statusnya sebagai kepala rumah tangga seorang ibu orang tua tunggal harus bekerja seorang diri dalam membesarkan anak-anaknya, terkadang hal ini membuat sang anak merasa tidak dapat bimbingan ataupun arahan untuk menentukan masa depannya, akan tetapi permasalahan tersebut tidak sesuai dengan penelitian yang peneliti dapatkan dilapangan, bahwasannya walapun dengan kesibukannya yang bekerja sebagai petani kopi seorang ibu-ibu yang berstatus orang tua tunggal yang berada di Desa Simpang Balek Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah tetap memberikan waktu terhadap anak-anaknya dan memberikan dukungan penuh terhadap masa depan sang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran ibu yang berstatus orang tua tunggal dalam menunjang arah karir anaknya menuju arah karir atau masa depan yang cerah dan untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi seorang ibu sebagai orang tua tunggal yang bekerja sebagai petani kopi dalam menunjang arah karir anaknya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Tehnik penelitian di dalam penelitian ini menggunakan tehnik purposive sampling dengan subjek penelitian berjumlah 8 orang yang terbagi dari 4 ibu dan 4 orang anak. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi dengan ibu yang berstatus orang gtua tunggal dan anak dari ibu orang tua tunggal di Desa Simpang Balek. Hasil penelitian menunjukkan, sama hal nya seperti orang tua pada umumnya seorang ibu yang berstatus orang tua tunggal tetap memberikan dukungan penuh terhadap masa depan anaknya akan tetapi karena status dan juga profesi sebagai petani kopi persoalan ekonomi menjadi kendala utama bagi ibu sebagai orang tua tunggal dalam menunjang arah karir sang anak dan karena hal ini juga membuat ibu orang tua tunggal sulit dalam memantau anak-anaknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sejuk Mico Mico
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:02
Last Modified: 24 Apr 2024 02:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36314

Actions (login required)

View Item
View Item