Analisis Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Nelayan Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Desa Meunasah Keudee Krueng Raya Aceh Besar)

Khaliza, 200602008 (2024) Analisis Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Nelayan Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Desa Meunasah Keudee Krueng Raya Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Nelayan Dalam Perspektif Ekonomi Syariah  (Studi Desa Meunasah Keudee Krueng Raya Aceh Besar)] Text (Analisis Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Nelayan Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Desa Meunasah Keudee Krueng Raya Aceh Besar))
Khaliza, 200602008, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kesejahteraan merupakan suatu kondisi seseorang yang aman, damai, tentram, sehat baik lahir maupun batin sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan, sandang dan papan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesejahteraan nelayan dalam perspektif ekonomi syariah menggunakan metode CIBEST. Metode CIBEST ini digunakan untuk mengukur kesejahteraan secara material dan spritual sehingga sesuai dengan judul penelitian kesejahteraan nelayan dalam perspektif ekonomi syariah. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 responden. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan kesejahteraan nelayan berada pada Kuadran I (Sejahtera) artinya sejahtera secara material dan sejahtera secara spritual sebanyak 27 nelayan, kemudian pada golongan Kuadran II (Kemiskinan Material) artinya sejahtera secara spritual dan miskin secara material sebanyak 27 nelayan, kemudian pada golongan Kuadran III (Kemiskinan Spritual) artinya sejahtera secara material dan miskin secara spritual sebanyak 5 nelayan, dan terakhir Kuadran IV (Kemiskinan Absolut) artinya miskin secara material dan spritual berjumlah sebanyak 3 nelayan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan, Nelayan, Kelautan, Metode CIBEST, Kesejahteraan Material, dan Kesejahteraan Spritual.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Khaliza Iza
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:54
Last Modified: 24 Apr 2024 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36316

Actions (login required)

View Item
View Item