Efektivitas Solution Focused Brief Counseling (SFBC) untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa MTsN 1 Banda Aceh

Siti Rahmatul Wusqa, 180213043 (2023) Efektivitas Solution Focused Brief Counseling (SFBC) untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa MTsN 1 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Solution Focused Brief Counseling (SFBC), Keterbukaan Diri] Text (Solution Focused Brief Counseling (SFBC), Keterbukaan Diri)
Siti Rahmatul Wusqa, 180213043, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Keterbukaan diri adalah kemampuan individu dalam mengungkapkan diri melalui informasi yang diberikan kepada individu lain sehingga dapat meningkatkan keakraban, kepercayaan, dan kekeluargaan. Namun yang terjadi di MTsN 1 Banda Aceh terdapat beberapa siswa yang memiliki keterbukaan diri rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterbukaan diri melalui layanan konseling kelompok dengan pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) pada siswa MTsN 1 Banda Aceh. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitiatif berbentuk One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-9 dan VIII-10 MTsN 1 Banda Aceh yang berjumlah 73 siswa dan sampel penelitian berjumlah 8 siswa melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur keterbukaan diri siswa. Data dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji t terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) melalui konseling kelompok untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa. Dengan hasil uji paired samples test sehingga diperoleh thitung > ttabel (9.632 > 2.015). dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa hipotesis (Ha) diterima sedangkan Ho ditolak. Demikian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterbukaan diri siswa dengan pendekatan Solution Focused Brief Counseling (SFBC) melalui layanan konseling kelompok

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Siti Rahmatul Wusqa Wusqa
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:18
Last Modified: 24 Apr 2024 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36325

Actions (login required)

View Item
View Item