Strategi Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh Dalam Pengembangan Pariwisata Halal

Afifudin, 190802022 (2024) Strategi Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh Dalam Pengembangan Pariwisata Halal. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pariwisata Halal, Strategi, Pengembangan] Text (Pariwisata Halal, Strategi, Pengembangan)
Afifudin, 190802022, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pariwisata halal telah menjadi fokus penting dalam pengembangan industri pariwisata di Kota Banda Aceh. Meskipun telah terjadi pertumbuhan kunjungan wisatawan, terutama pasca pandemi Covid-19, masih terdapat beberapa kendala yang perlu diatasi. Identifikasi masalah dalam penelitian ini menyoroti rendahnya koordinasi antar pelaku usaha pariwisata dan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap konsep pariwisata halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh dalam mengembangkan pariwisata halal dan faktor penghambat dalam pengembangan pariwisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pihak terkait, observasi lapangan, dan analisis dokumen terkait kebijakan pariwisata halal yang telah diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh telah berhasil mengimplementasikan strategi pengembangan pariwisata halal dengan membangun infrastruktur dan fasilitas-fasilitas di objek wisata sesuai standar syariat Islam, dengan fokus pada promosi melalui media sosial dan branding "Charming Banda Aceh". Meskipun demikian, masih terdapat kendala dalam pemahaman masyarakat terhadap konsep kehalalan. Dinas Pariwisata secara aktif melibatkan berbagai pihak terkait, seperti lembaga agama, pemerintah, dan pelaku usaha pariwisata, dalam upaya menjaga dan mengembangkan industri pariwisata yang mengikuti prinsip-prinsip halal dan nilai-nilai Islam.Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa dinas pariwisata kota Banda Aceh telah berhasil menyajikan pengalaman wisata secara keseluruhan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, tetapi perlu adanya upaya lebih lanjut dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap konsep kehalalan. Implikasi dari penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan pariwisata halal di Kota Banda Aceh, dengan potensi meningkatkan daya tarik wisatawan dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Afifudin Afif
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:37
Last Modified: 29 Apr 2024 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36351

Actions (login required)

View Item
View Item