Penggunaan Layanan Informasi Berbasis Metode Discovery Learning Untuk Menangani Disiplin Sekolah Di SMAN 2 Banda Aceh

Nadila Siti Zuina, 170213010 (2024) Penggunaan Layanan Informasi Berbasis Metode Discovery Learning Untuk Menangani Disiplin Sekolah Di SMAN 2 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Layanan Informasi Berbasis Metode Discovery Learning Untuk Menangani Disiplin Sekolah Di SMAN 2 Banda Aceh] Text (Penggunaan Layanan Informasi Berbasis Metode Discovery Learning Untuk Menangani Disiplin Sekolah Di SMAN 2 Banda Aceh)
Nadila Siti Zuina, 170213010, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Discovery learning adalah salah satu metode belajar bermakna dari pendekatan konstruktivis pada pendidikan yang merupakan pembelajaran dengan penemuan melalui keterlibatan aktif peserta didik dan mendorong mereka menemukan prinsip bahkan persepsi baru bagi diri mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengggunaan Layanan Informasi Berbasis Metode Discovery Learning Untuk Menangani Disiplin Sekolah di SMAN 2 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen (One Group Pretesst Posstest Design). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan penyebaran angket kepada seluruh siswa kelas XI IPS. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 2, Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah 29 orang dan menggunakan teknik Purposive sampling, yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 6 orang sesuai hasil angket pre-test. Sampel diberikan treatment berupa layanan informasi berbasis metode discovery learning. Penelitian ini menunjukan bahwa ada perbedaan antara nilai Pre-Test dan Post-Test dimana adanya peningkatan kedisiplinan sesudah diberikan treatment yang ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis yaitu perolehan ttabel < thitung = 2.571 < -9.260. Dari perbandingan tersebut dapat diputuskan bahwa Ho tidak dapat diterima, dengan kata lain Ha tidak dapat ditolak. Berdasarkan hasil keputusan tersebut dapat disimpulkan bahwa Layanan Informasi Berbasis Metode Discovery Learning Dapat Menangani Disiplin Sekolah di SMAN 2 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Nadila Siti Zuina
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:35
Last Modified: 29 Apr 2024 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36353

Actions (login required)

View Item
View Item