Pengaruh Kualitas Layanan Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Aplikasi BSI Mobile (Studi Pada Nasabah PT. Bank Syariah Indonesia Banda Aceh)

Tazkiyatun Nafisah, 180603022 (2023) Pengaruh Kualitas Layanan Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Aplikasi BSI Mobile (Studi Pada Nasabah PT. Bank Syariah Indonesia Banda Aceh). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Kualitas Layanan, Electronic Word Of Mouth, Kepuasan Nasabah] Text (Kualitas Layanan, Electronic Word Of Mouth, Kepuasan Nasabah)
Tazkiyatun Nafisah, 180603022, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kepuasan konsumen atau nasabah merupakan suatu keadaan dimana kebutuhan, keinginan dan harapan konsumen dapat terpenuhi pada suatu produk yang dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik lapangan (field research) dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 10.619 nasabah diperoleh 100 orang sampel. Penelitian ini menggunakan metode Probability sampling dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial variabel kualitas layanan X1 diperoleh nilai thitung sebesar 3,696 dan nilai ttabel 1,660. Sehingga persepsi kualitas layanan memiliki pengaruh serta signifikan terhadap kepusan menggunakan aplikasi BSI mobile, sedangkan untuk X2 juga berpengaruh signifikan terhadap kepusan dikarenakan nilai thitung sebesar 5,372 lebih besar dari nilai ttabel yaitu 5,372 > t¬tabel 1,660. Hasil uji simultan juga menunjukkan persepsi kualitas layanan dan persepsi electronic word of mouth secara bersamaan mempunyai pengaruh yang positif terhadap kepuasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Tazkiyatun Nafisah Kiya
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:39
Last Modified: 29 Apr 2024 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36355

Actions (login required)

View Item
View Item