Transaksi Penjualan Minyak Hasil Eksplorasi Tradisional Dan Quality Control Sebagai BBM Di Kecamatan Ranto Peureulak Dalam Perspektif Mabi'

Fika Thahara, 200102037 (2024) Transaksi Penjualan Minyak Hasil Eksplorasi Tradisional Dan Quality Control Sebagai BBM Di Kecamatan Ranto Peureulak Dalam Perspektif Mabi'. Other thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Transaksi Penjualan Minyak Hasil Eksplorasi Tradisional Dan Quality Control Sebagai BBM Di Kecamatan Ranto Peureulak Dalam Perspektif Mabi'] Text (Transaksi Penjualan Minyak Hasil Eksplorasi Tradisional Dan Quality Control Sebagai BBM Di Kecamatan Ranto Peureulak Dalam Perspektif Mabi')
fika thahara 200102037 FSH HES 2024.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penambangan minyak yang dilakukan sebagian masyarakat di Kec. Rantoe Peureulak menggunakan cara tradisional yang telah turun-temurun. Minyak yang dihasilkan dari penambangan dijual kepada konsumen tanpa memiliki standar legalitas sebagai produk yang memenuhi ketentuan standar industri pertambangan. Untuk itu penulis mengkaji transaksi penjualan minyak hasil tambang dengan permasalahanya yaitu bagaimana standar quality control dalam transaksi penjualan minyak hasil eksplorasi tradisional sebagai BBM, dan standar quality control pada penyulingan minyak hasil eksplorasi tradisional dalam perspektif mabi’. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis, dan jenis penelitian hukum empiris, serta teknik pengumpulan datanya dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu pihak penambang hanya memproses minyak hasil eksplorasi secara manual melalui mekanisme penyulingan tanpa menggunakan standar quality control. Pihak Pertamina tidak melakukan pendampingan terhadap penambang dan juga belum melakukan pengawasan terhadap upaya peningkatan kualitas hasil tambang. Minyak yang dieksplor hanya diperjualbelikan untuk kalangan tertentu dalam wilayah Aceh Timur yang memahami tentang kualitas hasil minyak penambangan tradisional ini tinjauan konsep mabi’ terhadap standar quality control minyak hasil eksplorasi tradisional di Kec. Ranto Peureulak Kabupaten Aceh Timur telah memenuhi rukun dan syarat serta tidak bertentangan dengan konsep mabi’ secara spesifik para pembeli telah mengetahui tentang kualitas objek tanpa menggunakan standar kualitas tertentu sebagaimana RON pada Pertamina. Masyarakat Kec. Rantoe Peureulak secara turun-temurun telah mengetahui tentang kualitas minyak ini sehingga secara ’urf hanya diperdagangkan untuk kalangan tertentu saja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Fika Thahara
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:49
Last Modified: 30 Apr 2024 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36370

Actions (login required)

View Item
View Item