Model Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Aceh Menggunakan Pendekatan Regresi Spasial Data Panel.

Fitriani, 190604076 (2023) Model Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Aceh Menggunakan Pendekatan Regresi Spasial Data Panel. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Regresi Spasial Data Panel, SAR, SEM, Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal, Pengangguran, Rata-rata Lama Sekolah dan Pertumbuhan ekonomi] Text (Regresi Spasial Data Panel, SAR, SEM, Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal, Pengangguran, Rata-rata Lama Sekolah dan Pertumbuhan ekonomi)
Fitriani, 190604076, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi suatu wilayah sering berkaitan wilayah sekitarnya, maka dibutuhkan analisis spasial data panel untuk melihat ketergantungan pertumbuhan ekonomi antar daerah. Tujuan penelitian untuk memperoleh model spasial yang tepat dalam melihat ketergantungan spasial pada pertumbuhan suatu daerah dengan daerah lainnya, dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pertumbuhan suatu daerah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder, metode analisis data yang digunakan regresi spasial data panel. Variabel yang digunakan Pendapatan asli daerah(X1), Belanja modal(X2), Pengangguran(X3) dan Rata-rata lama sekolah(X4). Hasil penelitian menunjukkan model yang tepat untuk menjelaskan ketergantungan spasial pada pertumbuhan ekonomi Provinsi Aceh adalah Spatial Error Model fixed effect, variabel yang berpengaruh signifikan yaitu Pendapatan asli daerah(X1), Belanja modal(X2) dan Pengangguran(X3). Terdapat ketergantungan spasial pada pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota dengan pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota sekitarnya yang berdekatan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Fitriani Fitri
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:42
Last Modified: 30 Apr 2024 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36372

Actions (login required)

View Item
View Item