Hubungan Antara Determinasi Diri Dengan Pengambilan Keputusan Karir Pada Siswa Kelas Xii Sma Negeri 3 Banda Aceh

Raihan Anggraina, 190901010 (2024) Hubungan Antara Determinasi Diri Dengan Pengambilan Keputusan Karir Pada Siswa Kelas Xii Sma Negeri 3 Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Determinasi Diri, Pengambilan Keputusan Karir, Siswa SMA] Text (Determinasi Diri, Pengambilan Keputusan Karir, Siswa SMA)
Raihan Anggraina, 190901010, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Siswa agar mencapai tujuannya di masa depan, siswa perlu membuat keputusan karir yang tepat untuk dirinya sendiri. Namun, tidak semua siswa mampu membuat keputusan karir untuk dirinya sendiri, termasuk siswa kelas XII SMA Negeri 3 Banda Aceh. Salah satu faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan karir yaitu determinasi diri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara determinasi diri dengan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XII SMA Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Alat ukur penelitian ini yaitu skala determinasi diri dan skala pengambilan keputusan karir. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 346 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 177 siswa Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,533 dengan p = 0,000 yang menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan sangat signifikan antara determinasi diri dengan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XII SMA Negeri 3 Banda Aceh. Artinya semakin tinggi determinasi diri maka semakin baik dalam pengambilan keputusan karir. Sebaliknya, semakin rendah determinasi diri maka semakin tidak mampu dalam pengambilan keputusan karir

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Raihan Anggraina Raihan
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:01
Last Modified: 30 Apr 2024 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36381

Actions (login required)

View Item
View Item