Ketersediaan Koleksi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Life Skill Pemustaka SMA Negeri 2 Peusangan

Arif, 180503037 (2024) Ketersediaan Koleksi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Life Skill Pemustaka SMA Negeri 2 Peusangan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Ketersediaan Koleksi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Life Skill Pemustaka SMA Negeri 2 Peusangan] Text (Ketersediaan Koleksi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Life Skill Pemustaka SMA Negeri 2 Peusangan)
Arif, 180503037, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul ketersedian koleksi SMA Negeri 2 Peusangan dalam meningkatkan life skill siswa. Ketersediaan koleksi perpustakaan merupakan tangguang jawab perpustakaan untuk menyediakan informasi yang sesuai dengan kebutuhan informasi pemustaka yang dilayani serta menyesuaikan dengan lingkungan sekitar. Dalam penelitian ini peneliti mengamati Ketersedian koleksi yang mampu meningkatkan life skill pemustaka di SMA Negeri 2 Peusangan.Tujuan penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana ketersedian koleksi perpustakaan sekolah SMA Negeri 2 Peusangan yang mampu meningkatkan life skill pemustaka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara ketersedian koleksi SMA Negeri 2 Peusangan terpenuhi koleksinya sesuai dengan rujukan standar Perpustakaan Nasional yaitu 70 % ilmiah dan 30 % Non ilmiah dan Pemustaka SMA Negeri 2 Peusangann berdasarkan pendapat secara dominan pemustaka memilih koleksi Novel dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, audio dalam meningkatkan keterampilan komunikasi, dan pengembangan diri untuk keterampilan konten. jumlah ketersedian koleksi 1.889 koleksi, rincian Jumlah buku teks 250 judul, buku fiksi 332 judul, buku non fiksi 382 judul, buku referensi 140 judul. dengan rincian tidak memiliki koleksi audio dan visual, e-book dan koleksi terbitan berkala, eksmplar tebanyak ada dibuku paket dengan jumlah 58.715 eksemplar. 542 eksemplar untuk fiksi, 620 eksemplar untuk non fiksi dan 215 eksemplar untuk referensi. Total judul 1.889 judul dan 60092 eksemplar. Ketersediaan koleksi memiliki korelasi dengan life skill. kegiatan pemanfaatan koleksi memberikan dampak yang positif untuk pembaca. kegiatan membaca merupakan bagian kegiatan yang positif guna meningkatkan keterampilan dalam hidup. Kecakapan dalam hidup memberi arti yang baik dalam keberlangsungan kehidupan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Arif Arif
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:54
Last Modified: 30 Apr 2024 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36382

Actions (login required)

View Item
View Item