Penggunaan Metode Pembelajaran Dengan Menebak Gambar Bergerak Untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosakata Siswa (Studi Eksperimen Di MIN 25 Aceh Besar)

Feniatul Husnah, 180202087 (2024) Penggunaan Metode Pembelajaran Dengan Menebak Gambar Bergerak Untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosakata Siswa (Studi Eksperimen Di MIN 25 Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Metode Pembelajaran Dengan Menebak Gambar Bergerak Untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosakata Siswa (Studi Eksperimen Di MIN 25 Aceh Besar)] Text (Penggunaan Metode Pembelajaran Dengan Menebak Gambar Bergerak Untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosakata Siswa (Studi Eksperimen Di MIN 25 Aceh Besar))
Feniatul Husnah, 180202087, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan dalam proses pembelajaran bahasa Arab di MIN 25 Aceh Besar adalah sebagian besar siswa tidak memahami kosa kata dan tidak hafal kecuali sedikit saja, dan kondisi tersebut menjadi penyebab menurunnya kemauan belajar dan menurunnya penguasaan kosa kata bahasa Arab. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin mengatasinya dengan melakukan penelitian dengan menggunakan gambar bergerak dengan cara menebak-nebak di kalangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode pembelajaran menebak gambar bergerak dan mengetahui bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam menggunakan metode pembelajaran menebak gambar bergerak untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata bahasa arab MIN 25. Aceh Besar, dan metode penelitian yang diandalkan peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan topik One Group Pre-Test, Post Test Design. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan pre-test, post-test, dan observasi langsung. Sampel yang peneliti pilih untuk penelitian ini adalah mahasiswa semester enam (C) yang berjumlah 30 mahasiswa. Hasilnya penggunaan gambar bergerak efektif dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata siswa, dan peneliti mengandalkan hasil Uji Paired Sample T-Test untuk memperoleh hasil tingkat signifikansi (Sig. 2-Tailed 0,000) , yang lebih kecil dari hasil tingkat signifikansi (0). 05) menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan gambar animasi efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai kosa kata. Adapun hasil penelitian dari pengamatan langsung terhadap aktivitas guru, peneliti menemukan perkiraan sebesar 82,5%. Dari aktivitas siswa, peneliti menemukan perkiraan sebesar 80%, dan ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa ketika menggunakan gambar bergerak memperoleh nilai yang sangat baik dalam pengajaran kosakata pada semester enam (c) di MIN 25 Aceh Besar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Feniatul Husnah
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:13
Last Modified: 30 Apr 2024 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36387

Actions (login required)

View Item
View Item