Toleransi Di Era Kontemporer Kajian Pemikiran Ahmad Syarif Yahya

T. Muhammad Irhamna, 190302036 (2024) Toleransi Di Era Kontemporer Kajian Pemikiran Ahmad Syarif Yahya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Toleransi Di Era Kontemporer Kajian Pemikiran Ahmad Syarif Yahya] Text (Toleransi Di Era Kontemporer Kajian Pemikiran Ahmad Syarif Yahya)
T. Muhammad Irhamna, 190302036, FUF, SAA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini menjelaskan tentang pemikiran tokoh Ahmad Syarif Yahya dalam bukunya Ngaji Toleransi dan dilengkapi dengan buku Fikih Toleransi, bagaimana Islam merawat dan membangun toleransi di Indonesia dengan tidak menghilangkan atau merusak keyakinannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan yang ada pada zaman sekarang tentang toleransi yang mencampur adukkan ranah keyakinan dengan ranah sosial, sehingga menciptakan keraguan dalam beragama, Penelitian ini juga bertujuan untuk meluruskan kesalahpahaman masyarakat awam tentang makna atau pengertian dari toleransi. Penelitian ini berbasis kajian kepustakaan (library research). Metode yang digunakan adalah dengan metode deskriptif-analitik. Adapun sumber data primer penelitian ini adalah buku “Ngaji Toleransi” dan “Fikih Toleransi” karya Ahmad Syarif Yahya, khususnya tentang konsep toleransi. Data sekunder untuk mengembangkan analisis penelitian ini diambil dari sumber-sumber yang berhubungan dengan konsep toleransi, baik berupa hasil penelitian, buku, jurnal, maupun artikel- artikel yang tersedia di berbagai perpustakaan. Adapun hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa terdapat beberapa poin penting tentang toleransi dalam pemikiran Ahmad Syarif Yahya, yang lebih mementingkan kemaslahatan masyarakat dalam urusan sosial dengan mengedepankan rasa persaudaraan, perdamaian dan harmonisasi serta menghindari perpecahan dan konflik. Untuk mewujudkannya sangat penting mengedepankan sikap saling menghormati, saling menghargai, dan tolong menolong, serta berlaku adil. Ada batasan-batasan toleransi yang harus dijaga dan dipelihara, terutama masalah aqidah atau keimanan masing-masing individu dalam beragama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: T. Muhammad Irhamna
Date Deposited: 02 May 2024 02:53
Last Modified: 02 May 2024 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36402

Actions (login required)

View Item
View Item