Penggunaan Metode Make A Match Dengan Menggunakan Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Kosa Kata (Studi Eksperimen Di MIN 1 Aceh Tenggara)

Bulan Fadilah, 200202017 (2024) Penggunaan Metode Make A Match Dengan Menggunakan Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Kosa Kata (Studi Eksperimen Di MIN 1 Aceh Tenggara). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Metode Make A Match Dengan Menggunakan Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Kosa Kata (Studi Eksperimen Di MIN 1 Aceh Tenggara)] Text (Penggunaan Metode Make A Match Dengan Menggunakan Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Kosa Kata (Studi Eksperimen Di MIN 1 Aceh Tenggara))
Bulan Fadilah, 200202017, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di MIN 1 Aceh Tenggara adalah siswa tidak mampu memahami, mengartikan dan melafadzkan kosa kata dengan baik benar, dan sebagian siswa sudah bisa memahami, mengartikan dan melafadzkan kosa kata dengan baik benar. Dengan permasalahan ini peneliti menggunakan metode permainan Make a Match dengan menggunakan media vidio untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami kosa kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk menetahui aktivitas guru dan siswa dalam penerapan metode Make a Match dalam memahami kosa kata di MIN 1 Aceh Tenggara dan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode Make a Match untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami kosa kata. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan modelOne Group Pre-Test, Post-Test Design. Adapaun alat dalam penggumpulan data peneliti menggunakanobservasi dan tes. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Make a Match dengan menggunakan media vidio sangat baik, terbukti dari hasil pengamatan langsung terhadap kegiatan guru sebesar 96% dan kegiatan siswa 90% keduanya berkisar antara 81-100% dengan kategori sangat baik. Adapun hasil penggunaan metode Make a Match dengan menggunakan media vidio untuk meningkatkan kemampuan siswa daklam memahami kosa kata dikelas 4 (A) di MIN 1 Aceh Tenggara, peneliti memperoleh hasil Paired Sample T-Test dengan tingkat signifikansi Sig. (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif Ha diterima dan Hipotesis Nol Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Bulan Fadilah
Date Deposited: 02 May 2024 03:15
Last Modified: 02 May 2024 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36411

Actions (login required)

View Item
View Item