Pengaruh Desain Sampul Buku Terhadap Minat Baca Anak (Studi Kasus Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Pidie)

Indah Saputri, 170503125 (2024) Pengaruh Desain Sampul Buku Terhadap Minat Baca Anak (Studi Kasus Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Pidie). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Desain Sampul Buku Terhadap Minat Baca Anak] Text (Pengaruh Desain Sampul Buku Terhadap Minat Baca Anak)
Indah Saputri, 170503125, FAH, IP, 082289675382.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Desain sampul buku dengan minat baca anak-anak sangat signifikan karena visualisasi pada sampul buku dapat menumbuhkan imajinasi berpikir anak-anak sehingga dapat menumbuhkan minat baca. Maka dari itu penulis meneliti tentang “Pengaruh Desain Sampul Buku terhadap Minat Baca Anak di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pidie”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain sampul buku terhadap minat baca anak di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, mewawancara 1 orang pustakawan, dan penyebaran angket kepada 75 orang pemustaka anak-anak dari usia 5-12 tahun. Analisis data menggunakan rumus distribusi frekuensi sederhana dengan menghitung persentase. Hasil penelitian diperoleh data hasil persentase terbanyak dari elemen desain sampul buku, yaitu: tipografi, gambar/ilustrasi, dan pemilihan warna. Dari hasil persentase di atas, ilustrasi/gambar dan tipografi sama-sama memiliki persentase terbanyak yaitu 64% pada hasil tabel, itu membuktikan bahwa anak-anak lebih menyukai buku bacaan yang banyak terdapat ilustrasi/gambar serta tulisan/tipografi yang sederhana. Dari analisis dan hasil wawancara menunjukkan bahwa tulisan yang besar dan sederhana, gambar karakter kartun/animasi, dan warna-warna cerah pada sampul buku lebih menarik anak-anak dalam memilih buku bacaan, khususnya pada gambar dan tulisan dengan katagori cukup baik yang banyak disukai dan diminati anak-anak. Dengan demikian, benar bahwa adanya pengaruh dari desain sampul buku terhadap minat baca anak di Dinas Perpustakaan dan Arsip Pidie

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
800 Literature (Sastra)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Indah Saputri Indah
Date Deposited: 02 May 2024 03:17
Last Modified: 02 May 2024 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36414

Actions (login required)

View Item
View Item