Penggunaan Permainan Treasure Hunt Menggunakan Media Card Sort Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa Di MTsS Darul Hikmah Kajhu

Fahira Farah Dilla, 200202019 (2024) Penggunaan Permainan Treasure Hunt Menggunakan Media Card Sort Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa Di MTsS Darul Hikmah Kajhu. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Permainan Treasure Hunt Menggunakan Media Card Sort Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa Di MTsS Darul Hikmah Kajhu] Text (Penggunaan Permainan Treasure Hunt Menggunakan Media Card Sort Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa Di MTsS Darul Hikmah Kajhu)
Fahira Farah Dilla, 200202019, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Di MTsS Darul Hikmah Kajhu adalah bahwa siswa kurang antusias dalam mempelajari bahasa Arab dan hal ini membuat mereka kurang dalam penguasaan kosakata. Salah satu penyebab permasalahan tersebut adalah latar belakang semua siswa yang berbeda-beda, lingkungan yang kurang mendukung sehingga menyebabkan siswa kurang semangat dalam mempelajari bahasa arab, Penggunaan bahasa arab hanya di dalam kelas dan tidak dalam percakapan sehari-hari, serta metode yang digunakan adalah tidak beragam, hal ini dapat menimbulkan rasa bosan dan rendahnya semangat siswa dalam mempelajari bahasa arab. Berdasarkan data sebelumnya, peneliti menerapkan permainan Treasure Hunt dengan metode Card Sort untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa MTsS Darul Hikmah Kajhu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan permainan Treasure Hunt dengan metode Card Sort untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa MTsS Darul Hikmah Kajhu, dan untuk mengetahui respon siswa ketika menggunakan permainan Treasure Hunt dengan menggunakan Card Sort. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah daftar tes yaitu pre-test dan post-test dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan permainan Treasure Hunt sebagai metode Card Sort efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa di MTsS Darul Hikmah Kajhu, berdasarkan hasil uji t dan taraf signifikansi (Sig.) (0,000). Respon siswa dalam menggunakan permainan Treasure Hunt sebagai metode Sortir Kartu untuk mengajarkan kosa kata sangat baik. Berdasarkan jawaban positif sebesar 99% dan jawaban negatif sebesar 1%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fahira Farah Dilla
Date Deposited: 02 May 2024 03:14
Last Modified: 02 May 2024 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36416

Actions (login required)

View Item
View Item