Analisis Dampak Pemanfaatan Alokasi Dana Desa Pada nfrastruktur Sarana Olahraga Terhadap Ekonomi Desa (Studi Komparasi Desa Ulee Ue Dan Desa Tumbo Baro)

Safrul Haris, 150802056 (2021) Analisis Dampak Pemanfaatan Alokasi Dana Desa Pada nfrastruktur Sarana Olahraga Terhadap Ekonomi Desa (Studi Komparasi Desa Ulee Ue Dan Desa Tumbo Baro). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Dana Desa , Sarana Olahraga , Ekonomi Masyarakat] Text (Dana Desa , Sarana Olahraga , Ekonomi Masyarakat)
Safrul Haris, 150802056, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Dana Desa merupakan perimbangan Pemerintah Pusat melalui Transfer langsung kepada desa yang digunakan untuk pembangunan desa. Penggunaan dana desa yang tepat sasaran akan memberikan dampak langsung kepada masyarakat terutama dampak terhadap ekonomi, melalui Peraturan Menteri tentang prioritas penggunaan Dana Desa menjadi dasar untuk setiap pemerintah desa membangun sarana olahraga yang bermanfaat langsung terhadap masyarakat nya sendiri. Misalnya pembangunan sarana olahraga lapangan futsal yang akan berdampak ada peningkatan pendapatan asli desa melalui penyewaan sarana dan sebagainya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan sarana olahraga di Desa Ulee Ue dan Desa Tumbo Baro dan dampak pembangunan sarana olahraga terhadap peningkatan ekonomi desa. Metode yang digunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa banyaknya dampak positif dari pembangunan sarana olahraga terutama lapangan Futsal, dampak yang dirasakan yaitu masyarakat mulai aktif bergerak atau berolahraga sehingga kesehatan jasmani tetap terjaga dan kemudian dengan adanya kegiatan positif seperti ini, pemuda desa akan terjauhi dari narkoba dan dampak yang paling utama yaitu melalui penyewaan sarana olahraga futsal tersebut menjadi salah satu sumber pendapatan asli desa sehingga ekonomi desa akan semakin meningkat sehingga kehidupan masyarakat akan semakin kreatif dan mandiri. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan dana desa pada pembangunan sarana olahraga terutama pada lapangan futsal akan memberikan banyak dampak positif yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat desa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Safrul Haris Safrul
Date Deposited: 03 May 2024 02:56
Last Modified: 03 May 2024 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36428

Actions (login required)

View Item
View Item