Hubungan Internal Locus Of Control Dengan School Well- Being Pada Santriwati Pesantren Darul Ihsan Kab. Aceh Besar

Sisca Handayani, 190901079 (2024) Hubungan Internal Locus Of Control Dengan School Well- Being Pada Santriwati Pesantren Darul Ihsan Kab. Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Internal Locus of control, School well-being, Santriwati] Text (Internal Locus of control, School well-being, Santriwati)
Sisca Handayani, 190901079, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan yang khas harus berupaya menjadi tempat yang nyaman, menyenangkan bagi setiap santriwatinya. Perasaan sejahtera dan nyaman di sekolah dapat membuat siswa mengembangkan dirinya secara optimal. Salah satu faktor yang mempengaruhi kesejahteraan disekolah (school welll-beling) adalah kontrol diri (internal locus of control). Individul yang melmiliki Intelrnal loculs of control tinggi mellihat bahwa ia mampul melngontrol pelrilakulnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data berbentuk skala dengan pengambilan sampel berdasarkan teknik proportionate stratelfield random sampling atau pengambilan secara sampel acak startifikasi agar perimbangan dalam jumlah sampel dari masing-masing strata memadai dan sampel berjumlah 161 santriwati. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,552 dengan nilai p=0,000. Karena P<0,05 maka hipotesis diterima. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara Internal locus of control dengan School well-being (hipotesis diterima). Hubungan signifikan menunjukkan bahwa semakin tinggi Internal locus of control maka semakin tinggi school welll-beling, sebaliknya semakin rendah Internal locus of control maka semakin rendah school welll-beling.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Sisca Handayani Sisca
Date Deposited: 03 May 2024 03:09
Last Modified: 03 May 2024 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36430

Actions (login required)

View Item
View Item