Partisipasi Masyarakat Dalam Pemanfaatan Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) Pada Dinas Komunikasi Informatika Dan Statistik Kota Banda Aceh

Baginda, 160802032 (2022) Partisipasi Masyarakat Dalam Pemanfaatan Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) Pada Dinas Komunikasi Informatika Dan Statistik Kota Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Partisipasi Masyarakat, Kualitas Pelayanan, SP4N LAPOR] Text (Partisipasi Masyarakat, Kualitas Pelayanan, SP4N LAPOR)
Baginda, 160802032, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Partisipasi masyarakat merupakan salah satu faktor penting yang diperlukan untuk mendukung sukses tidaknya suatu program pelayanan publik. Dalam hal ini adanya program SP4N LAPOR yang melibatkan partisipasi publik dan bersifat dua arah, sehingga dalam aplikasi ini masyarakat dapat berinteraksi dengan pemerintah secara interaktif dengan prinsip mudah dan terpadu untuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik. Penelitian ini dilatarblekangi adanya masyarakat yang belum mengetahui bagaimana caranya untuk menyampaikan keluhan kepada instansi pemerintah secara tepat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana partisipasi masyarakat dan kualitas pelayanan pada Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) di Kota Banda Aceh. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini berdasarkan tiga indikator partisipasi masyarakat sudah sangat baik yaitu indikator. 1. Kesempatan, 2. Kemauan, 3. Kemampuan. Sedangkan kualitas pelayanan terdapat lima indikator yang sudah dilaksanakan dengan baik yaitu indikator. 1. Tangible (Bukti Fisik), 2. Reliability (Kehandalan), 3. Responsiveness (Ketanggapan), 4. Assurance (Jaminan), 5. Emphaty (Empati). Menunjukkan bahwa dalam pelayanan SP4N LAPOR Kota Banda Aceh sudah sangat baik pelayanan yang diberikan kepada masyarakat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Baginda Baginda
Date Deposited: 03 May 2024 02:56
Last Modified: 03 May 2024 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36436

Actions (login required)

View Item
View Item