Implementasi Kurikulum Terintegrasi Pada Pada Mata Kuliah Dasar-dasar Sains Islami di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Maimun Sari, 201003032 (2022) Implementasi Kurikulum Terintegrasi Pada Pada Mata Kuliah Dasar-dasar Sains Islami di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi     Kurikulum     Terintegrasi] Text (Implementasi Kurikulum Terintegrasi)
08-FULL TESIS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Implementasi kurikulum terintegrasi sudah diterapkan di beberapa perguruan tinggi salah satunya di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum terintegrasi pada mata kuliah Dasar-dasar Sains Islami, kesesuaian kurikulum integrasi yang diterapkan pada mata kuliah Dasar-dasar Sains Islami dengan kurikulum prodi Pendidikan Kimia serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini dilaksanakan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Kimia. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini adalah Ketua Prodi Pendidikan Kimia, dosen dan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Dasar-dasar Sains Islami. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, telaah dokumen dan angket. Adapun teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, kemudian tampilan data (display data), pengolahan dan interpretasi data. Hasil penelitian menujukkan bahwa pelaksanaan implementasi kurikulum terintegrasi pada mata kuliah Dasar-dasar Sains Islami sudah terlaksana dalam pemilihan model dan kegiatan pembelajaran yang terdapat pada RPS. Kesesuaian kurikulum yang diterapkan di prodi pendidikan kimia dengan kurikulum terintegrasi pada mata kuliah Dasar-dasar Sains Islami sudah terwujud. Hal ini dapat dilihat dari visi misi Universitas, Fakultas dan Prodi yang sudah linier dengan CPL dan CPMK Dasar-dasar Sains Islami. Adapun hambatan yang dialami oleh prodi yaitu buku yang disediakan masih terbatas, tidak pernah ada pelatihan dalam pengayaan agama, dan kurangnya SDM yang memahami pengintegrasian ilmu sains dengan Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maimun Sari Sari
Date Deposited: 03 May 2024 03:33
Last Modified: 03 May 2024 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36442

Actions (login required)

View Item
View Item