Sibling Rivalry Ditinjau Dari Usia Remaja Akhir Dan Dewasa Awal Di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar

Farasya Salsabila, 190901076 (2024) Sibling Rivalry Ditinjau Dari Usia Remaja Akhir Dan Dewasa Awal Di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Sibling Rivalry, Saudara, Remaja Akhir, Dewasa Awal] Text (Sibling Rivalry, Saudara, Remaja Akhir, Dewasa Awal)
Farasya Salsabila, 190901076, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Kasih sayang dan perhatian orang tua yang dirasa berbeda dapat menimbulkan konflik antar saudara kandung dengan reaksi yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan sibling rivalry ditinjau dari usia remaja akhir dan dewasa awal di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif, Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple Purposif sampling dengan jumlah populasi sebesar 140 otang dan sampel 100 orang. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan sibling rivalry pada remaja akhir dan dewasa awal ditinjau dari perbedaan usia di Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar diperoleh hasil uji hipotesis dengan nilai t-test 8.439 dengan nilai p = 0,00 (p < 0,05), artinya terdapat signifikan tingkat sibling rivalry antara remaja akhir (mean = 94,14) dan dewasa awal (mean = 78,28) pada di Kecamatan sukamakmur, perbedaan tingkat sibling rivalry anatara dewasa awal dan remaja akhir ini dapat dipengaruhi kematangan emosiaonal usia dewasa yang lebih matang dibandingkan usai remaja,

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Farasya Salsabila Farasya
Date Deposited: 06 May 2024 02:41
Last Modified: 06 May 2024 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36445

Actions (login required)

View Item
View Item