Hubungan Sense Of Belonging Dengan Employee Engagement Pada Karyawan PT. Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Meulaboh Kabupaten Aceh Barat

Hidayatunnisa Aifan, 200901019 (2024) Hubungan Sense Of Belonging Dengan Employee Engagement Pada Karyawan PT. Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Psikologi.

[thumbnail of Hubungan Sense Of Belonging Dengan Employee Engagement Pada Karyawan PT. Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Meulaboh Kabupaten Aceh Barat] Text (Hubungan Sense Of Belonging Dengan Employee Engagement Pada Karyawan PT. Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Meulaboh Kabupaten Aceh Barat)
Hidayatunnisa Aifan, 200901019, FPS, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Employee engagement pada karyawan sangat diperlukan agar dapat berkonstribusi secara penuh terhadap perusahaannya. Kurangnya kesediaan, kemampuan, dan berkonstribusi secara aktif terhadap tujuan perusahaan merupakan ciri-ciri karyawan yang kurang engaged terhadap perusahaannya. Salah satu faktor yang mempengaruhi employee engagement adalah sense of belonging. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara sense of belonging dengan employee engagement pada karyawan PT. Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Meulaboh Kabupaten Aceh Barat yang berjumlah 56 karyawan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Alat ukur pada penelitian ini disusun oleh peneliti yaitu skala sense of belonging berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Hagerty dan Patusky dan skala employee engagement berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Shuck dkk. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar r = 0,837 dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 sehingga hipotesis yang diajukan didalam penelitian ini diterima. Hubungan kedua variabel menunjukkan hubungan kearah positif yakni semakin tinggi sense of belonging maka semakin tinggi pula employee engagement sebaliknya semakin rendah sense of belonging semakin rendah pula employee engagement.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Hidayatunnisa Aifan
Date Deposited: 06 May 2024 02:17
Last Modified: 06 May 2024 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36449

Actions (login required)

View Item
View Item