Analisis Peran Usaha Mikro Kecil Menengah Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pedagang Sembako Di Pasar Keude Lueng Putu, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya)

Rahmayati Khaliza, 200602081 (2024) Analisis Peran Usaha Mikro Kecil Menengah Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pedagang Sembako Di Pasar Keude Lueng Putu, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya). Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of UMKM, Usaha Sembako, Kesejahteraan] Text (UMKM, Usaha Sembako, Kesejahteraan)
Rahmayati Khaliza, 200602081, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran penting dan strategis dalam menyerap tenaga kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat dan mengurangi ketimpangan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya UMKM sembako terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di Pasar Keude Lueng Putu berdasarkan perspektif ekonomi islam. Pasar ini merupakan salah satu tempat utama di mana UMKM sembako beroperasi dengan letak pasar yang strategis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, informan pada penelitian ini sebanyak sembilan orang, diantaranya lima pelaku pelaku UMKM Sembako, tiga orang masyarakat dan satu orang dari pihak Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Pidie Jaya. Hasil penelitian Dari hasil berjualan sembako para pelaku UMKM sembako mampu meningkatkan kesejahteraannya. Para pelaku UMKM Sembako mampu memenuhi kebutuhan hidup, baik dari segi pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memeberikan dampak positif dalam pengembangan UMKM Sembako di Kabupaten Pidie Jaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Rahmayati Khaliza Liza
Date Deposited: 06 May 2024 03:13
Last Modified: 06 May 2024 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36452

Actions (login required)

View Item
View Item