Analisis Buku Ajar Pada Materi Kesetimbangan Larutan Di SMA Negeri 1 Ingin Jaya Aceh Besar

Nadia Ulfa, 180208039 (2024) Analisis Buku Ajar Pada Materi Kesetimbangan Larutan Di SMA Negeri 1 Ingin Jaya Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Buku Ajar Pada Materi Kesetimbangan Larutan Di SMA Negeri 1 Ingin Jaya Aceh Besar] Text (Analisis Buku Ajar Pada Materi Kesetimbangan Larutan Di SMA Negeri 1 Ingin Jaya Aceh Besar)
Nadia Ulfa, 180208039, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Perubahan kurikulum seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan kurikulum maka bahan ajar kimia harus di sesuaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku ajar pada materi kesetimbangan larutan dengan kurikulum 2013 dengan metode yang digunakan penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi tahap wawancara dan angket. Subjek penelitian ini adalah tiga guru kimia. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik perhitungan presentase dan menentukan presentase skor kesesuaian buku ajar dan skor maksimal rating scale atau skala likert dan di kategorikan rentang aspek penilaian. Hasil penelitian pada tiga guru kimia diperoleh pada guru satu presentase rata-rata dari lima aspek kesesuaian buku ajar yaitu sebesar 97,40% tergolong dalam kategori sangat baik dan presentase rata-rata guru dua dari lima aspek buku ajar yaitu sebesar 85,42% tergolong dalam kategori baik dan presentase rata-rata guru kimia tiga dari aspek penilaian tertinggi pada guru tiga dari kesesuaian buku ajar aspek komponen bahan ajar, materi, aspek bahasa, latihan, dan aspek kurikulum yaitu sebesar 100.00% tergolong dalam kategori sangat baik hasil rata-rata dari ketiga guru kimia pada kesesuaian buku ajar memperoleh presentase rata-rata yaitu sebesar 94,27% tergolong dalam kategori sangat baik dari ke tiga guru. Berdasarkan hasil analisis kesesuaian buku ajar dengan kurikulum 2013 pada materi kesetimbangan larutan dari lima aspek yaitu sesuai dengan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nadia Ulfa
Date Deposited: 06 May 2024 02:39
Last Modified: 06 May 2024 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36453

Actions (login required)

View Item
View Item