Perancangan Rest Area Jalan Tol Sigli- Banda Aceh Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang Km . 57

Taqiyya Muhammad Nasir, 190701050 (2024) Perancangan Rest Area Jalan Tol Sigli- Banda Aceh Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang Km . 57. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Jalan  Tol  Sigli-Banda  Aceh  seksi  4,  Rest  Area,  Arsitektur Kontemporer] Text (Jalan Tol Sigli-Banda Aceh seksi 4, Rest Area, Arsitektur Kontemporer)
Taqiyya Muhammad Nasir, 190701050, FST, ARS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan pengguna perjalanan jarak jauh sangat membutuhkan fasilitas-fasilitas yang di butuhkan masyarakat ketika berpindah tempat ke tempat yang lainya seperti tempat beristirahat sejenak. Berdasarkan riset penulis, Jalan Tol Sigli-Banda Aceh terbentang sepanjang 74,3 kilometer dan terdiri dari 6 seksi. Seksi 4 akan dilengkapi 2 buah Rest Area yang berlokasi di KM 57 A dan B. Maka dari itu perancangan Rest Area ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat seperti menyediakan tempat menghilangkan penat, tepat pembelanjaan, tempat service kendaraan seperti isi ulang bensin, bengkel, dan fasilitas-fasilitas lainnya. Perancangan Rest Area Jalan Tol Sigli- Banda Aceh Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang km.57.ini akan mengangkat Tema “Arsitektur Kontemporer”.Dengan menerapkan tema ini akan memberikan suasana dan aura yang berbeda kepada masyarakat Aceh yang belum pernah dirasakan disekitaran tempat tinggalnya, dimana bangunan di daerah Aceh masih sangat banyak bangunan tradisional. Bahkan di daerah perkotaan masih banyak bangunan seperti ruko-ruko dan sebagainya sehingga membuat masyarakat bosan dengan suasana bangunan di daerah Aceh yang sangat menoton. Dengan menerapka tema Arsitektur kontemporer pada bangunan Rest Area tersebut selain bertujuan untuk menghilangkan rasa penat, memberikan semangat baru kepada pengemudi untuk menempuh jalan yang jauh, juga untuk menghilangkan rasa bosan masyarakat terhadap bangunan yang berada di daerah Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
700 Arts and Recreation > 720 Architecture (Arsitektur)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Taqiyya Muhammad Nasir
Date Deposited: 06 May 2024 03:30
Last Modified: 06 May 2024 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36458

Actions (login required)

View Item
View Item