Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 3 Banda Aceh

Putri Subhana, 261324611 (2018) Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 3 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran)
PUTRI SUBHANA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (585kB) | Preview

Abstract

Pentingnya kemampuan komunikasi untuk siswa dalam proses belajar mengajar yaitu karena kemampuan komunikasi dapat membantu siswa dalam membangun hubungan antara aspek informal dan bahasa matematika yang abstrak yang terdiri atas simbol-simbol matematika. Namun, kemampuan literasi matematis siswa Indonesia masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil tes yang dilakukan PISA tahun 2009, Indonesia hanya menempati peringkat 61 dari 65 negara. Hal ini disebabkan karena komunikasi matematis siswa masih rendah. Soal PISA memiliki tingkatan soal yang sulit dan membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Salah satu alternatif yang dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa terhadap pembelajaran matematika adalah dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran TTW dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran matematika. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan Rancangan penelitian bersifat Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Kota Banda Aceh, dan sampel yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, sedangkan uji-t dengan bantuan program SPSS 22 setelah data dikonversikan ke skala interval dengan bantuan MSI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji Independent Sample Test diperoleh bahwa nilai signifikan < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Selain itu, berdasarkan uji One Sample Test, nilai sig (2-tailed) adalah 0,051 dengan α = 0,05 ternyata nilai sig. (2-tailed) < 0,05. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model TTW lebih baik daripada komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dan tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum diberi perlakuan tergolong pada kategori rendah, setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Tink Talk Write kemampuan komunikasi siswa mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan skor rata-rata posttest 8,85% tergolong pada kategori tinggi.
Kata Kunci: Komunikasi Matematis; Model Think Talk Write

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs.H.M.Yacoeb, M.Pd; 2. Khairatul Ulya,S.Pd.I., M.Ed
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis; Model Think Talk Write
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: putri putri subhana
Date Deposited: 25 Apr 2018 09:14
Last Modified: 25 Apr 2018 09:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3646

Actions (login required)

View Item
View Item