Penerapan Media Spinning Wheel Melalui Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Kelas IX Di MTsN 2 Aceh Besar

Naziratul Husna, 180213115 (2024) Penerapan Media Spinning Wheel Melalui Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Kelas IX Di MTsN 2 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan  Media Spinning Wheel  Melalui Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Kelas IX Di MTsN 2 Aceh Besar] Text (Penerapan Media Spinning Wheel Melalui Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Kelas IX Di MTsN 2 Aceh Besar)
Naziratul Husna, 180213115, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Perencanaan karir adalah usaha yang dilakukan dalam menentukan langkah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan kemampuan diri siwa. Namun di MTsN 2 Aceh Besar terdapat siswa yang belum menentukan perencanaan karir setelah lulus MTsN dan keinginan mencari informasi karir yang rendah sehingga berdampak pada masa depan siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media spinning wheel melalui layanan informasi untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa di MTsN 2 Aceh Besar. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan One Group Pretes-Posttest Design. Sampel berjumlah 32 siswa dari 211 populasi dengan menggunakan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert untuk mengukur tingkat perencanaan karir siswa. Penyebaran angket dilakukan kepada siswa kelas IX di MTsN 2 Aceh Besar. Setelah memperoleh data, selanjutnya data dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan t hitung sebesar 51,414 lebih besar dibandingkan t tabel sebesar 1,695 (51,414>1,695). Artinya, terjadi peningkatan terhadap perencanaan karir siswa sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dapat disimpulkan penelitian menunjukkan penerapan media Spinning wheel melalui layanan informasi dapat meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa. Penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan bagi penelitian selanjutnya terkait penerapan media spinning wheel untuk meningkatkan perencanaan karir siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Naziratul Husna
Date Deposited: 06 May 2024 03:29
Last Modified: 06 May 2024 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36465

Actions (login required)

View Item
View Item