Analisis Partisipasi Masyarakat dalam Menyukseskan Perkembangan Lembaga Keuangan Syariah Pasca Berlakunya Qanun Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS) (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh)

Ismaniar, 170603211 (2022) Analisis Partisipasi Masyarakat dalam Menyukseskan Perkembangan Lembaga Keuangan Syariah Pasca Berlakunya Qanun Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS) (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Analisis, Partisipasi Masyarakat, Perkembangan, LKS] Text (Analisis, Partisipasi Masyarakat, Perkembangan, LKS)
Ismaniar, 170603211, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pasca ditetapkannya Qanun Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS) banyak bermunculan lembaga keuangan syariah di Kota Banda Aceh baik yang bersifat bank maupun non bank. Perkembangan LKS ini tentu dibutuhkan partisipasi masyarakat yang akan memanfaatkan LKS tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat Kecamatan Syiah Kuala dalam menyukseskan perkembangan lembaga keuangan syari’ah pasca berlakunya Qanun Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskripsi. Sampel penelitian ini 100 orang, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan rumus menghitung rata-rata dan distribusi frekuensi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa partisipasi masyarakat dalam perkembangan LKS di Kota Banda Aceh tergolong sedang dilihat dari akses bagi masyarakat untuk menyampaikan pendapat, kemampuan terlibat dalam proses pengembangan LKS dan pehamanan masyarakat tentang pengembangan LKS di Kota Banda Aceh, sedangkan aspek perubahan sikap mendukung pengembangan LKS di Kota Banda Aceh tergolong baik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Ismaniar Isma
Date Deposited: 07 May 2024 02:19
Last Modified: 07 May 2024 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36470

Actions (login required)

View Item
View Item