Hubungan Perceived Organizational Support Dengan Employee Engagement Pada Tenaga Keperawatan Di RSUD Datu Beru Kabupaten Aceh Tengah

Putri Maulidia, 190901056 (2024) Hubungan Perceived Organizational Support Dengan Employee Engagement Pada Tenaga Keperawatan Di RSUD Datu Beru Kabupaten Aceh Tengah. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Perceived Organizational Support, Employee Engagement, Tenaga Keperawatan] Text (Perceived Organizational Support, Employee Engagement, Tenaga Keperawatan)
Putri Maulidia, 190901056, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Tenaga keperawatan memegang peranan penting dalam keberlangsungan pelayanan di rumah sakit untuk dapat menunjang keberhasilan dan mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Keinginan tenaga keperawatan untuk terikat dengan pekerjaannya sangat diperlukan bagi suatu organisasi, namun banyaknya tenaga keperawatan yang memilih untuk tidak terikat dengan pekerjaannya dikenal dengan sebutan employee engagement. Salah satu faktor yang mempengaruhi employee engagement yaitu perceived organizational support. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perceived organizational support dengan employee engagement pada tenaga keperawatan di RSUD Datu Beru Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Alat ukur penelitian ini yaitu skala perceived organizational support dan skala employee engagement. Jumlah populasi sebanyak 298 tenaga keperawatan dengan jumlah sampel sebanyak 161 tenaga keperawatan. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,649 dengan p=0,000 (p<0,05), yang menandakan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara perceived organizational support dengan employee engagement pada tenaga keperawatan di RSUD Datu Beru Kabupaten Aceh Tengah. Artinya semakin tinggi perceived organizational support maka semakin tinggi employee engagement, sebaliknya semakin rendah perceived organizational support maka semakin rendah employee engagement pada tenaga keperawatan di RSUD Datu Beru Kabupaten Aceh Tengah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Putri Maulidia Putri
Date Deposited: 07 May 2024 02:41
Last Modified: 07 May 2024 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36473

Actions (login required)

View Item
View Item