Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Masa Covid-19

Desy Yusma Winda, 160205008 (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Masa Covid-19. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Masa Covid-19] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Masa Covid-19)
Desy Yusma Winda, 160205008, FTK, MTK, 082293797671_2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB)

Abstract

Kemampuan representasi metematis siswa merupakan kemampuan seseorang menyampaikan kembali ide-ide atau gagasan yang diperoleh kedalam bentuk lain berupa gambar, grafik, simbol, tabel, dan ekpresi matematika lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan representasi matematis siswa Negeri 1 Teunom yang diajarkan dengan model pembelajaran SSCS dengan kemampuan representasi matematis siswa Negeri 1 Teunom yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Teunom. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitiannya adalah RPP, LKPD, dan Lembar tes pre-test dan post-test kemampuan representasi matematis. Pengumpulan data digunakan dengan lembar tes kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian yang diperoleh ttabel = 1,70 dan thitung = 9,91. Karena thitung > ttabel yaitu 9,91 > 1,70 dapat disimpulkan bahwa bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran SSCS lebih baik daripada kemampuan representasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Dessy Yusma Winda
Date Deposited: 07 May 2024 02:26
Last Modified: 07 May 2024 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36474

Actions (login required)

View Item
View Item