Penerapan Media Scrapbook Theme For Arabic Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Dalam Keterampilan Menulis

Nurliati Harahap, 200202110 (2024) Penerapan Media Scrapbook Theme For Arabic Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Dalam Keterampilan Menulis. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Media Scrapbook Theme For Arabic Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Dalam Keterampilan Menulis] Text (Penerapan Media Scrapbook Theme For Arabic Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Dalam Keterampilan Menulis)
Nurliati Harahap, 200202110, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Berdasarkan observasi pertama yang dilakukan oleh peneliti di kelas XI – IAG MAN 4 Aceh Besar, menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang masih kurang dalam keterampilan menulis bahasa Arab. Kurangnya penguasaan kosakata peserta didik sehingga hal ini menyebabkan mereka kesulitan dalam menuliskan dan mengungkapkan pemikiran mereka dalam bahasa Arab. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media Scrapbook Theme For Arabic dalam meningkatkan kemampuan menulis peserta didik serta untuk mengetahui bagaimana aktivitas peserta didik belajar dengan menggunakan media Scrapbook Theme For Arabic untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode eksperimen dengan tipe One Group Pre-test Post-test Design, dan sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas 11-IAG yang berjumlah 20 orang. Adapun instrument yang digunakan peneliti yaitu tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Scrapbook Theme For Arabic ini efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik, dengan hasil tingkat Signifikasi Asymp Sig (2- Wilcoxon Tailed) 0,000<0,05. Dan hasil observasi terhadap aktivitas guru dengan menerapkan media Scrapbook Theme For Arabic ialah 85,75% artinya sangat baik, karena guru sudah melakukan proses pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan ketentuan di RPP. Dan hasil observasi terhadap aktivitas peserta didik dengan menerapkan Media Scrapbook Theme For Arabic ialah 83,82% artinya sangat baik, dikarenakan peserta didik mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurliati Harahap
Date Deposited: 07 May 2024 02:40
Last Modified: 07 May 2024 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36477

Actions (login required)

View Item
View Item