Pengembangan Media Telur Pecah Untuk Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B di TK Al-Islah Desa Ruak Aceh Selatan

Firdha Hayana, 180210059 (2024) Pengembangan Media Telur Pecah Untuk Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B di TK Al-Islah Desa Ruak Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Telur Pecah Untuk Mengembangkan   Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B di TK Al-Islah    Desa Ruak Aceh Selatan] Text (Pengembangan Media Telur Pecah Untuk Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B di TK Al-Islah Desa Ruak Aceh Selatan)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu guru untuk menyampaikan materi di kelas, yang membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Berdasarkan observasi di TK Al-Islah ditemukan permasalahan kekurangan media serta media kurang menarik sehingga tujuan pembelajaran kemampuan berhitung anak tidak tercapai. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media telur pecah yang membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Al-Islah Desa Ruak Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media telur pecah dan untuk mengetahui kelayakan media telur pecah untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak kelompok B. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluatation. Teknik analisis data yang digunakan adalah lembar validasi dan lembar observasi anak. Hasil dari validasi media diperoleh persentase skor 89% dengan kategori sangat layak, hasil dari validasi materi diperoleh hasil persentase skor 95% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba pada 12 anak di TK Al-Islah diperoleh persentase skor 85% dengan kategori BSB (Berkembang Sangat Baik). Dengan demikian, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media telur pecah sangat layak digunakan untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak kelompok B Usia 5-6 tahun di TK Al-Islah Desa Ruak Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Firdha Hayana Firdha
Date Deposited: 07 May 2024 03:05
Last Modified: 07 May 2024 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36478

Actions (login required)

View Item
View Item