Bubur Asyura Sebagai Tradisi Masyarakat Di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar

Winda Nazira, 190501033 (2024) Bubur Asyura Sebagai Tradisi Masyarakat Di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Bubur Asyura Sebagai Tradisi Masyarakat Di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar] Text (Bubur Asyura Sebagai Tradisi Masyarakat Di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar)
Winda Nazira, 190501033, FAH, SKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Bubur Asyura sebagai Tradisi Masyarakat di Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar”. Masyarakat Aceh Besar termasuk masyarakat di kecamatan Indrapuri memaknai bulan Muharram sebagai bulan yang mulia dan istimewa dengan melakukan tradisi keagamaan yaitu memasak Bubur Asyura sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT., dan mengenang kematian cucu Nabi Muhammad SAW. Tujuan penulisan Skripsi ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan tradisi Bubur Asyura dan upaya pelestariannya di Kecamatan Indrapuri. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif (Qualitative Research), data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Indrapuri melaksanakan tradisi Bubur Asyura setiap tanggal 10 Muharam. Masyarakat memasak Bubur Asyura bersama-sama, sehari sebelum hari Asyura biasanya masyarakat bermusyawarah persiapan bahan-bahannya. Proses memasak Bubur Asyura ini dilakukan oleh para perempuan, dengan menggunakan belanga besi berukuran besar yang memerlukan waktu kurang lebih tiga jam. Bubur Asyura bagi masyarakat Indrapuri sebagai penghubung silaturrahmi, yang dapat membangun kekompakan, dan rasa gotong royong sesama masyarakat. Sedangkan upaya masyarakat dalam melestarikan tradisi ini yaitu dengan memperkenalkan Bubur Asyura kepada masayarakat khususnya generasi milenial dan terus melaksanakan rutin setiap tahun, agar tradisi ini tetap dikenal sehingga dapat terus dilestarikan oleh generasi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Winda Nazira
Date Deposited: 07 May 2024 02:53
Last Modified: 07 May 2024 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36480

Actions (login required)

View Item
View Item