Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Agama Anak di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh

Marwiyah, 180210126 (2024) Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Agama Anak di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Agama Anak di   TK IT Permata Sunnah Banda Aceh] Text (Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Agama Anak di TK IT Permata Sunnah Banda Aceh)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Guru merupakan fasilitator dalam proses perpindahan ilmu pengetahuan, guru harus mempunyai pengetahuan yang luas dan strategi yang dapat membantu proses pembelajaran. Penanaman nilai agama pada anak merupakan suatu hal yang sangat penting agar anak mengetahui aqidah, ibadah, dan akhlak. Berdasarkan observasi awal, bahwa guru di TK IT Permata Sunnah telah menanamkan nilai agama pada anak fakta yang terlihat bahwa dalam penyambutan guru menyambuat anak kemudian bersalaman, pembacaan setoran surah pendek, penerapan bershalawat, pelaksanaan wudhu, pelaksanaan shalat berjamaah, pelaksanaan adzan bagi anak laki-laki, pelaksanaan bacaan yasin pada setiap hari jumat. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan subjek tiga orang guru dan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan dari hasil wawancara, gurunya membuat strategi pada setiap pelaksanaan kegiatan penanaman nilai agama pada anak seperti dalam penyambutan guru berdiri anak mengucapkan salam kemudian bersalaman dan hafalan surah pendek guru sudah siap duduk dikursi untuk menyimak anak, penerapan shalawat, membentuk lingkaran gurunya bershalawat kemudian diikuti oleh anak, mengenalkan gerakan wudhu dipraktekkan di tempat wudhu, mengatur pelaksanaan shalat berjamaah bagi anak laki-laki berbaris dengan rapi yang memakai peci akan menjadi imam shalat bagi anak perempuan memakai mukena yang sudah disediakan disekolah begitu juga dengan pelaksanaan adzan bacaan surah al-mulk, pelaksanaan bacaan iqra yang sudah dilaksanakan di TK IT Permata Sunnah. Kendalanya orang tua tidak sinkron dalam menanamkan nilai agama pada anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Marwiyah Mar
Date Deposited: 07 May 2024 03:04
Last Modified: 07 May 2024 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36487

Actions (login required)

View Item
View Item