Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Pada Pembelajaran Kitab Aj-Jurumiyyah di Kelas 1 Ma’had Asasisallam Al-Waliyyah

Afdhallurrahman, 180202118 (2024) Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Pada Pembelajaran Kitab Aj-Jurumiyyah di Kelas 1 Ma’had Asasisallam Al-Waliyyah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pendidikan] Text (Membahas tentang pendidikan)
Afdhallurrahman, 180202118, FTK, PBA, 082295832088.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kebanyakan santri tidak mampu menjawab soal-soal pada ujian tengah semester. Ini disebabkan karena mereka merasa kesulitan ketika pembelajaran kitab Aj-Jurumiyyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan santri ketika pembelajaran kitab Jarumiyyah. Adapun jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengurus ma’had, guru kelas, dan para santri. Adapun hasil penelitian ini adalah dua faktor kesulitan yang dihadapi santri ketika pembelajaran Aj-Jurumiyyah yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor-faktor internal merupakan kurangnya motivasi belajar santri, santri tidak mampu menghafal amil-amil yang terdapat di dalam kitab. Adapun faktor eksternal antara lain media pembelajaran yang tidak cocok dengan materi, tampilan kitab Aj-Jurumiyyah sangat membosankan, dan lingkungan bahasa yang tidak kondusif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Afdhalurrahman Afdhalurrahman
Date Deposited: 07 May 2024 03:25
Last Modified: 07 May 2024 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36490

Actions (login required)

View Item
View Item