Efektivitas Pelayanan Bursa Kerja Khusus Dalam Fasilitasi Ketenagakerjaan Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Banda Aceh

Siti Zahara, 200802053 (2024) Efektivitas Pelayanan Bursa Kerja Khusus Dalam Fasilitasi Ketenagakerjaan Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Efektivitas Pelayanan, Bursa Kerja Khusus, Ketenagakerjaan] Text (Efektivitas Pelayanan, Bursa Kerja Khusus, Ketenagakerjaan)
Siti Zahara, 200802053, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Lulusan SMK penyumbang pengangguran terbanyak Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Menurut Pendidikan, per-Februari 2023 mencapai 9,60%. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji terkait Efektivitas Pelayanan Bursa Kerja Khusus Dalam Fasilitasi Ketenagakerjaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Banda Aceh, guna mengurangi dan menekan angka pengangguran lulusan SMK. Penelitian ini menggunakan (4) indikator efektivitas pelayanan menurut Budiani. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini mengacu pada terlaksananya empat (4) indikator efektivitas pelayanan menurut budiani yaitu; (1) ketepatan sasaran program sudah efektif dikarenakan sasaran dari BKK SMKN 3 Banda Aceh adalah mengurusi lulusan atau alumni dari SMKN 3 Banda Aceh; (2) sosialisasi program masih kurang efektif dikarenakan kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh BKK SMKN 3 Banda Aceh kepada siswa/i calon lulusan tentang program BKK; (3) tujuan program sudah efektif dikarenakan adanya capaian dari program BKK SMKN 3 Banda aceh. Disnaker memaparkan bahwa dampak dari program BKK ini berkurangnya angka pengangguran sebesar 0,14% (461 orang) tahun 2023 dari 6,17% tahun 2022; (4) pemantauan program sudah efektif dikarenakan adanya pemantauan dari pusat langsung terhadap BKK SMKN 3 Banda Aceh, baik diadakannya pertemuan atau bahkan melalui zoom meeting. Selain itu terdapat hambatan dari efektivitas pelayanan BKK dalam menyalurkan tenaga kerja bagi lulusan SMKN 3 Banda aceh, yaitu; (1) masih ada lulusan yang keluar dari grup alumni; (2) kurang dijadikan prioritas oleh petugas BKK tentang peran fungsi BKK; (3) kurangnya lowongan pekerjaan yang ada di Aceh

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Siti Zahara Ara
Date Deposited: 08 May 2024 02:37
Last Modified: 08 May 2024 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36498

Actions (login required)

View Item
View Item